Ira, seorang pencinta kebaya brokat !

Ira, seorang pencinta kebaya brokat menulis kepada saya tanggal 30 November  2010:

hi,
nama saya ira, saya punya minta yang tinggi terhadap jahit terutama kebaya (i love brokat so much :-D)
kadang sebel klo penjahit ga ngerti sama apa yang saya maksut.. padahal udah dijelasin panjang lebar… n udah kasih gambar detail dsb..
(saya desainer grafis jadi sedikit banyak ngerti dunia desain..)
jadi pengen kursusnya membuat pola dan jahit yang fokus pada kebaya.. kalo kayak gitu enaknya ambil kelas apaan yah? n biayanya berapa yah?
makasih.. ditunggu loh balasannya 🙂

Inilah jawaban saya :

Hallo, Ira
Maaf, baru balas emasil Ira karena sesuatu hal. Di email Ira yg singkat, terdapat beberapa hal yg penting.

Bagus sekali Ira berselera tinggi terhadap busana terutama kebaya. Namun jengkel penjahit nya tidak mengerti maksud Ira. Yang berarti : ( penting nih ! ) Penjahit tersebut TIDAK MENGERTI GAMBAR. Maka dari itu, menggambar itu sangat penting!

Sebelum kita bisa memahami gambar, kita harus dapat menggambar terlebih dahulu. Sama dengan kita belajar menulis, agar kita dapat membacanya, dan selanjutnya dapat memahami arti nya. Untuk seorang grafis designer seperti Ira, menggambar sudah tidak sulit lagi, hanya perlu mengerti cara2 menggambar busana yg tepat.

  • ” jadi pengen kursusnya membuat pola dan jahit yang fokus pada kebaya.. kalo kayak gitu enaknya ambil kelas apaan  yah? ”                                        Sebelum fokus pada kebaya, Ira perlu belajar mengukur dan membuat pola dasar terlebih dahulu yg menjadi dasar / fondasi pembuatan segala macam pola dan belajar tehnik menjahit yg benar yang ada di program Tingkat Dasar.
  • ” biayanya berapa yah? ”   Ira bisa buka attachment info tentang program, jadwal dan biaya kursus dibawah email ini.

Sekian dulu, apabila ada yg kurang jelas, silahkan Ira menghubungi saya lagi.
Thanks & Regards,
Wiwi

About Wiwi Siat

Wiwi is a fashion designer who has served for more than 40 years. She specializes in slenderizing designs and Kebaya Nyonya, which is also called Kebaya Peranakan. She also owns and manages a fashion design school " Lembaga Kursus Tata Busana Wiwi " in Jakarta, and is a national certified examiner by Department of Education of Indonesia’s Fashion Vocational Division.
This entry was posted in Fashion Design and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Ira, seorang pencinta kebaya brokat !

  1. restee says:

    AKU JUGA PUNYA PERTANYAAN YANG SAMA KARENA PERNAH PUNYA PENGALAMAN NGEJAIT KEBAYA WISUDA DAN HASILNYA SANGGAT MENGECEWAKAN PADAHAL SUDAH DIJELASIN PANJANG LEBAR DAN PENJAHITNYA PUN SUDAH BUATIN GAMBAR. DAN SAYA DAH SETUJU TAPI BEGITU HASIL JAHITNYA JADI….SANGGAT BEDA JAUH DENGAN GAMABR YANG DIA BUAT…. MAKANYA AKU JUGA MAU AMBIL KELAS MENJAHIT KHUSUS KEBAYA TAPI AKU GA BISA GAMABR POLA DAN YANG LAINNYA KIRA2 DIAJARIN DARI DASAR GA YAH???? LALU BIAYANYA BERAPA???

  2. lia says:

    hi, nama saya Lia. Saya sangat ingin belajar menjahit, terutama untuk membuat pakaian yang berbahan dasar Brokat. Saya sangat ingin tahu bagaimana cara membuat pola, cara memotong kain brokat, dan bagaimana cara menjahitnya. Emm, singkatnya saya ingin belajar menjahit yang fokusnya membuat kebaya modern/tradisional. Jika seperti itu, seharusnya saya mengambil kelas apa? dan berapa biayanya? selain itu, apakah saya bisa mengikuti kelas sabtu-minggu saja? terimakasih sebelumnya 🙂

  3. RAHMA says:

    HARGA KURSUSNYA BERAPA YA BU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *